Sabtu, 19 Juli 2014

Nikahan yang selalu nyiksa gue !



Hei, kali ini gue bahas nikah. Siapa yang gak mau nikah ? hhaha. Emang disini siapa yang mau nikah? Apakah di cerita ini gue yang nikah? Stop ! listen to me. Kali ini gue bakal cerita entah ini emang kebetulan atau emang takdir gue yang ditakdirin netesin air mata.
Oke kita mulai. Gini, pas masih kecil gue anak yang cengeng banget mungkin sampai sekarang. (Oke fix karena gue cewek). Terus ada sodara gue yang nikah, dan pastinya repot-repot dapur dan segala macem  dirumah gue. Tapi kejadiannya lupa sih gimana dan kenapa gue nangis. Pokoknya gue udah dibawah guling dan nangis-nangis sampe kesel semuanya dibenci semuanya gue bilang jahat, rasanya sakit hati banget.
Dan yang kedua kalinya, kalo gak salah kelas 3SMP. Nikahan kakak kandung gue sendiri, otomatis repot-repot segala macem dirumah, dan pastinya gue juga gak mungkin bantuin masak karena gue gak bisa masak yang ada gue malah dimarahin. Terus gue bingung mau ngapain. Akhirnya gue tiduran di dalem kamar. Buset et dah. Baru aja naruh punggung di kasur, Emak gue marah-marah, bilang ke gue ngapain sembunyi dikamar orang lagi repot gini banyak sodara juga malah di dalem kamar (sodara sih gak terlalu banyak). Dengan wajah bete gue duduk di kursi ruang tamu sambil bingung apa yang harus gue lakuin. Akhirnya gue punya ide ngajak sodara main game di PC gue, pikir gue yang penting gue akrab sama sodara gue. Eh malah gue dimarahin lagi bilangnya ini lagi repot-repot gini malah main game dan disuruh matikan. Akhirnya gue super bingung. Gue gini salah, gitu salah. Gue duduk di kursi-kursi tamu undangan di luar. Lamaaaa banget dan herannya gak ada yang marahin gue. Gue bingung mesti ngapain. Tapi akhirnya saking lamanya gue duduk doang gak jelas, gue capek dan ada niatan mau balik ke kamar dan tiduran. Tapi gue takut banget dimarahin. Oke dengan segala pertimbangan rapat DPR dan MPR dengan hasil akhir gue balik ke kamar dan tiduran. Baru aja tiduran gue udah disambut sambitan petir bertegangan 1juta volt ke gue. Dan ternyata emak gue yang marahin gue lagi.  Dengan segala keberanian gue, gue tanya harus ngapain (dengan gini gue brasa durhaka banget *bodo amat) . malah gue dimarahin akhirnya gue gak kuat dan gue debat dengan segala macem dan akhirnya gue kalah dan harus dibawah guling lagi untuk nangir triak-triak semau gue. Dan gue udah kenal sama yang namanya mesoh. Gue udah emosi dan jangkrik, anjing, kecoak, tikus semua ikut gue sebut bareng emosi gue. Dan akhirya pas banyak tamu, gue keluar dengan wajah cemberut, bete, males.
Finally, gue dimarahin lagi katanya gue gak boleh kliatan gitu di depan tamu. Bodo amat. Yang penting gue benci mereka (saat itu). Dan bencinya lagi, gue dibandingin sama sodara gue (cewek juga seeumuran sama gue), dan bilang mreka loh cantik gak cemberut-cemberut, mereka itu itu baik, mereka itu bantuin, mereka itu loh gak gampang marah. What the F*** meeeenn ? kampret ! apaan banget coba. Gitu bikin malesin. Anak kalian siapa woi ? dan akhirnya gue sebel, bete banget, dan masuk kamar marah-marah sama tembok dan ternyata capek juga gue berhenti dan dibawah guling lagi buat nangis lagi. Apa coba salah gue? Ini yang “buta kesalahan” siapa coba? Dan reputasi gue di depan sodara-sodara gue udah jelek. Gue yang pemarah, gue yang gak ramah ke mereka. Oke fix !
Dan yang ketiga kalinya, barusan aja terjadi. Gue udah kuliah. Masih awal juni ini kok. Ini nikahan sodara sepupu gue di blitar. Kali ini gue disuruh brangkat sendiri naik kereta ke wlingi (kabupaten blitar) dari malang (kota gue kuliah). Disini gue gak sendiri, gue bareng sama sepupu gue. Sebenarnya gue ragu-ragu mau ke nikahan sodara gue itu. Soalnya lagi banyak tugas kuliah, praktikum dan lain-lain. Gue bilang ke mama gue. Dan ada sodara gue yang bilang ke gue, “loh emang gini yah anak sekarang sok sibuk, hukum karma itu pasti ada, kal kamu bilang repot nantinya pasti repot terus, tapi kalo kamu bilang bisa datang atau dengan insyaallah pasti aja ada jalan buat deteng. Kayak contohnya om itu kan gak pernah hadir di nikahan saudara dan ternyata coba pernikahannya gimana? Ga ada yang dateng kan saudara-saudara? Udah kamu dateng aja ke blitar. Apa susahnya sih, nantikan kuiah bisa bolos sebentar, kan gak pernah bolos ya?” dan dengan bete gue mikir. Gue disuruh brangkat minggu, nikahannya hari selasa siang. Hari senin sore gue ada presentasi mata kuliah yang gak mungkin banget bisa diganti, dan hari selasa siang gue ada praktikum dan gak mungkin banget kalo ngisi absen alasannya ijin. Nilai pasti kosong meeeen... akhirnya dengan bete takut dibilangin sama sodara gue sok sibuk, hari minggu gue udah nyampe blitar. H-1 gue dandan soalnya banyak tamu dari tetangga keluarga-keluarga sana. Dan akhirnya gue gak ngapa-ngapain Cuma nungguin buku tamu doang. Gue masiha aja kepikiran bagaimana cara gue bisa pulang dan ikut praktikum ? terus keluarga gue dateng senin malem. Gue rundingan gue pulang kapan. Gue sebenernya takut. Takut dikira sok sibuk lagi. Akhirnya gue dipulangin dengan dianter ke jalan besar di wlingi (desa banget) buat nyari bis.
Akhirnya gue nemu bis walaupun itu bukan patas. Bis Har*pan B*ru. Dan gue ditarik sama kernet bis yang biasa ngasih karcis. Dan dengan nada kasar gue disuruh untuk cepet maju kedepan. Dan gue shock banget pas gue kedepan gue lihat ada orang berdiri. Oh men. Apa itu tandanya gue harus berdiri? Oh men ? berdiri gimana? Whaaaaat ? akhirnya gue bingung dan ternyata gue berdiri karena gak ada lagi kursi kosong. 2menit pertama gue bingung. 3 menit sudah gue ditarik karcis dan sempat gue bilang,
Gue        : “pak saya mau ke malang, kalo turun itu di terminal gadang atau arjosari?”
P. Karcis : “Ya terserah! Kamu mau ke Malang mana?!” (nada garang)
Gue        : “Saya ke Landung sari pak, itu lebih deket mana gadang apa arjosari?”
P. Karcis : “ya pokoknya kita ya lewat arjosari ya turun” (sambil sok sibuk bolak balik karcis)
Gue        : “lah iya pak, saya jadi turun mana sih yg lebih cepet kalau ke landung sari?”
P. Karcis : “Ya pokoknya kita berhenti di arjosari” (muka sewot ngrampas duit biru gue)
Gue        : “ loh gimana sih” (bicara kecil, pikirku orangnya gak denger. Dan gue ngambil uang kembalian)
P. Karcis : “Apanya yang gimana?” (ngomong garang bagai nantang tawur)
                Dan gue bener-bener takut. Dan gue berdiri di belakang cowok gede banget tato leher dan satu lengan kirinya. Gue makin takut dalem bis. Mana jalannya sumpah belok-belok desa banget, pemandangan hutan terus, gimanapun gue harus nahan tubuh gue biar gak jatuh. Terus HP gue bunyi di dalem tas, ternyata emak gue telpon dan bilang gue turun gadang, sedangkan gue gak tau gadang itu mana. Gue telpon sambil panik dan bingung. Malah tante gue di tlp bilang gue suruh turun kacok. Mana lagi itu coba? Gue makin takut. Akhirnya gue bingung. Dan tubuh gue semakin gemetar. Preman itu ngliatin gue dari atas sampai bawah. Itu jam setengah 10 sedangkan jam 1 harus sudah di kelas. Gue bingung. Akhirnya ada ibu-ibu bilang ke gue, tenang mbak, nanti saya turun gadang juga. Dan satu jam sudah gue capek berdiri, pemandangan tetep aja hutan. Gue makin takut akhirnya gue nangis dalem bis sambil berdiri. Ada telpon gue matikan karena gue sebel banget sama semua orang. Gue udah capek, penting pulang buat praktikum, gue bener-bener gak kuat didalem bis sampe bikin gue nangis alay didalem bis.
                Pas pemandangan udah gak hutan lagi (setidaknya ada beberapa bangunan) gue sempet tenang. Gue makin sebel ketika gue didorong-dorong disuruh maju. Maju apaan coba orang udah full. Dan akhirnya, gue berhadapan langsung sama preman itu, bayangin aja jarak muka gue sama preman itu gak sampe 30cm. Tau bis indonesia? Tau jalan tengah antara bangku kanan dan kiri betapa sempitnya? Nah itu gue disuruh mepet ngadep preman. Horor rasanya. And finally gue yang lemah nangis lagi.
                Ada sesuatu yang buat gue sedikit lega, ada seseorang yang datang dan menawarkan stiker “AREMA”. Itu artinya ini sudah masuk wilayah malang jeh :) yes, Alhamdulillah. Terus, gue panik lagi. Dimana gadangnya? dan elo tau? Tiba-tiba orang-orang belakang dorong gue buat turun. Dan gue kaget. Apaan? Turun?. dan dengan garang orang-orang bilang “BAN.e MBLEDOS MBAK !!!”
                Ya ampun. Entah itu daerah mana gue gak tau, gue bingung, gue turun dan nangis lagi. Gue di telpon emak, kakak, dan bapak gue, katanya sabar. WHAT ? -____-  dan di telpon tante gue bilangnya naik bus lain aja. WHAT? Bus lain ? gila apa gimana ? gue gak tau arah malang kemana, bus apa? -_____- Terus bapak gue telpon dan mau nyamperin gue ada dimana. WHAT? Jemput gue maksudnya? Apaan coba? Nglewatin hutan tadi itu lama banget !!! gue makin panik dan .... Gue nangis lagi. Terus nyebelinnya gue diliatin orang-orang. Preman itu nyamperin gue dan bilang, “emang mau kemana?”. Gue jawab dengan sinis sambil nangis, “MALANG”. Dia lanjut nyebelin tanya, “Emang tinggal disitu?”, karna takut gue dibunuh disitu, gue jawab nyebelin juga, “IYA!”. Eh malah dia nyolot bilang, “TINGGAL DI MALANG KOK GAK TAU INI DIMANA! TINGGAL DIMALANG KOK GAK TAU MAU TURUN MANA!”. Ada segerombolan anak-anak sok keren, sok cantik (Padahal ndeso, masih cantikan gue Hahaha *tapi srius kok) ngliatin gue dan mencibir gue dari jauh, sepertinya mreka ngomong, “idih, anak ini cari perhatian”.
KAMPREEEEEEEEEEEETTTTTTT!!!!!! What the F*** they say ?
Gue makin bingung. Gue gak tau deh gimana.
Trus akhirnya bannya diperbaiki dalam waktu kurang dari 1 jam. Dan cusss lagi, entah pak kernet bus bilang apa, ibuk yang tadinya buat gue tenang untuk turun bareng dia, eh ternyata dia turun sekarang. Dengan panik gue mikir keras dan cepat “Emang ini daerah mana?”. Dan dengan cepat gue narik ibuk itu dan tanya, “Loh buk kok turun sini?”. Dan ibuk itu dengan kaget bilang, “Loh iyah nak, maaf yah, nanti kamu turun gadang aja. Saya mau turun sini” . Gue makin panik, dengan nekat gue juga ikut turun karena dari dalem bus gue lihat angkutan kota GL. Itu artinya gue bisa selamat.
Dengan nekat gue turun dan tanya ke orang, “pak ini malang yah? Kalo ke landungsari naik apa?”. Dia jawab sambil cuek, “LG mbak”. Gue lanjut kepo, “dimana LG.nya pak?”. “Jalan aja mbak lurus itu kedepan”. Dengan sedikit seneng banget gue jalan terus dan ternyata terusnya itu jauuuuuhhhh banget dan ternyata lagi gue ketemu sama angkutan kota LG.
Ngeeeeeeeeeeeeeeng.... cus ke landung sari. Dan gue udah tenang karena gue gak asing sama jalanannya, dan gue tenang banget damai. Dan STTOOOOOOOOOOOOPPPPPPPPPP !!!! MACET TOTAL didepan UIN Malang. Oh men dan kedamaian itu cepat sirna. Gue panik lagi karena itu sudah jam 12 lebih. Gue masuk jam 1. Udah paniknya, jalannya macet tapi masih bisa jalan dikit. Dan gue ngelamun harusnya itu turun pertigaan, malah gue ikut masuk ke terminal. Oh men, itu artinya gue harus jalan jauh buat muter balik. Entah lewat mana, dan akhirnya gue jalan ngelamun lagi. Udah jelas depan itu pagar gue masih nylonong mau jalan terus, dan pak security ngagetin gue, “Mau kemana mbak? Itu pager mbak. Jangan di tabrak”. Dengan malunya gue balik. Dan gue mesti muter balik. Dan ketemu supir angkut tadi dan bilang, “Loh mbak kok muter jalannya? Kenapa tadi ngga turun sana aja ?”. entah gue dapet ilham darimana buat nutupin malu gue, gue jawab, “Nunggu jemputan pak”. Hhahah :D . Harusnya biar gak capek gue oper naik angkut ungu. Tapi gue ngelamun dan ada dari belakang angkut ungu manggil gue dan karena gue lagi sebel, gue malah jawab “ENGGAK PAK”. WHAT? Artinya gue harus jalan jauh kekosan karena udah ditinggal angkut ungu  T.T .
Udah nyampe kost tapi jam 1 kurang 15 menit T.T itu artinya gue harus ganti baju praktikum, naruh barang-barang, jalan jauh ke kampus. Dan tetoooot. Gue ngampus bau kecut banget. Masuk kelas ruang ber AC gak kerasa sama sekali, gue gak konsen sama pelajaran. Dan untuk mata kuliah kedua gue capek. Jadi gue bolos. Gue lagi bosen :( . Keluarga gue nyamperin ke kosan. Tapi gue lagi males ketemu, terus maghrib langsung cus kerja kelompok buat tugas yang besok jam 7 pagi harus dikumpulin. 2 tugas pula sedangkan gue gak ngerjain sama sekali. Sampai gue lupa makan dan akhirnya dibeliin temen maka. Thanx banget udah nolongin nyawa gue -__-
Nyampe kost, gue masih nglanjut ngerjain tugas. Untung temen kost ngajak ngopi. Tapi kopi edan dan gue gak bisa tidur sampe jam 2 pagi bareng temen kost gue dan gue harus bangun jam set 6 untuk persiapan ngampus. Oh meeeenn... Legrek awakku. -__-
Jadi, kesimpulannya. Gue gak mau bela-belain sok baik bantuin sodara gue atau siapapun soal nikahan. Gue masih kecil. Apaan banget sok bantuin. Biar gue main-main aja. Lebih penting kuliah gue, reputasi gue, kesehatan gue, pikiran gue, perasaan gue dan masa depan gue. Jadi kalo ada nikahan yaudin gue cukup dateng pas Hari H.nya aja. Ngga ikut ribet. Kalo ada sesuatu yang menyangkut masadepan ijazah gue, yah gue utamain. BODO AMAT !!!

0 komentar:

Posting Komentar